database is locked Read & Download eBook Bukan Istri Pilihan By Maria A. Sardjono

Bukan Istri Pilihan by Maria A. Sardjono Online

Bukan Istri Pilihan
Title : Bukan Istri Pilihan
Author :
Rating :
ISBN : 9789792286151
Language : English
Format Type : Paperback
Number of Pages : 392

Tersiksa sebagai anak angkat yang tidak dicintai orangtua angkatnya, Ratih menerima lamaran Bu Marta untuk anak lelakinya, Hartomo. Mula-mula memang perkawinan ini berjalan manis. Tapi tidak lama, karena Hartomo bosan beristrikan wanita yang pendiam, tak berani mengeluarkan pendapat, dengan penampilan kuno. Apalagi setelah dia melihat sahabatnya di Jakarta sukses dan berisTersiksa sebagai anak angkat yang tidak dicintai orangtua angkatnya, Ratih menerima lamaran Bu Marta untuk anak lelakinya, Hartomo. Mula-mula memang perkawinan ini berjalan manis. Tapi tidak lama, karena Hartomo bosan beristrikan wanita yang pendiam, tak berani mengeluarkan pendapat, dengan penampilan kuno. Apalagi setelah dia melihat sahabatnya di Jakarta sukses dan beristrikan wanita modis dan berwawasan.Hartomo lalu meninggalkan kota kecilnya, menuju Jakarta untuk meraih kebahagiaan materi yang didambakannya. Sampai di Jakarta, Hartomo melupakan ibunya dan Ratih yang dianggapnya tidak sesuai dengan seleranya. Dia tak berniat memboyong keduanya ke Jakarta. Bahkan dia berniat menikah lagi dengan wanita yang lebih modern.Setelah lima tahun tanpa kabar berita dari Hartomo, Ratih mengajak Bu Marta pindah ke Jakarta untuk memperjuangkan kehidupan dan cintanya. Dua tahun lamanya ia tinggal di Jakarta untuk berjuang, belajar, bertekun, dan mengembangkan diri sampai berhasil meraih kehidupan yang lebih baik. Bukan hanya kehidupan ekonomi yang membaik, penampilannya berubah, sesuai dengan profesi yang digelutinya. Pada saat itulah ia bertemu kembali dengan Hartomo.Pertemuan itu membuat Hartomo gamang. Tujuh tahun ia meninggalkan Ratih begitu saja. Bahkan dua bulan lagi ia akan menikahi gadis pilihannya. Tapi ketika melihat Ratih kembali, ia tidak rela melepaskan istri pilihan ibunya itu....


Bukan Istri Pilihan Reviews

  • AnaFitriana

    Bacanya di tab, dan rasanya pengen dibantig pas nemu endingnya begitu. ASDFGKJKLH!!!!

  • Yuliana

    Tersiksa sebagai anak angkat yang tidak dicintai orangtua angkatnya, Ratih menerima lamaran Bu Marta untuk anak lelakinya, Hartomo. Mula-mula memang perkawinan ini berjalan manis. Tapi tidak lama, karena Hartomo bosan beristrikan wanita yang pendiam, tak berani mengeluarkan pendapat, dengan penampilan kuno. Apalagi setelah dia melihat sahabatnya di Jakarta sukses dan beristrikan wanita modis dan berwawasan.Hartomo lalu meninggalkan kota kecilnya, menuju Jakarta untuk meraih kebahagiaan materi ya [...]

  • Alexandra

    Karakter Hartomo, tidak memiliki sifat yang pantas dijadikan sebagai tokoh utama. Suami yang telah meninggalkan istrinya bertahun-tahun tanpa ada kabar, bahkan berniat menikah dengan wanita lain tanpa memberitahu istrinya, juga tidak meminta restu akan sang ibu, yang ditinggalkannya bersama istrinya.Ratih sangat mencintai suaminya, dan berharap Hartomo kembali, walaupun begitu banyak lelaki yang mendekatinya bahkan melamarnya. Setelah bertahun kemudian tidak ada kabar, Ratih mencoba menyusul ke [...]

  • Dhia Citrahayi

    *sigh*Sebetulnya saya hanya mampu membaca urut buku ini sampai di halaman 124 setelah itu, saya membaca buku ini dengan halaman meloncat-loncat mulai dari halaman terakhir buku hingga menarik mundur ke belakang. Walau begitu, tidak sulit bagi saya untuk memahami ceritanya karena memang alur cerita ini linier.Ini buku kedua Maria A. Sardjono yang telah saya baca. Buku pertama beliau yang saya baca adalah Sekar, yang sukes membuat saya termangu dan mengernyitkan dahi. Menurut saya, tokoh yang bern [...]

  • Oky Septya

    Review lengkap nan panjang di sinopsisuntukmu/2Maria A. Sardjono sukses menggambarkan perkembangan psikologis Ratih dari yang awalnya perempuan nrimo hingga menjadi perempuan modern matang yang tidak melupakan akarnya sebagai perempuan Jawa. Bayangkanlah perempuan ayu dengan penampilan anggun modern, cerdas dan luas wawasannya namun bijaksana dan memegang erat nilai-nilai Jawa. Perfect banget deh~Sayangnya Ratih digambarkan sebagai perempuan yang setianya setengah mati dan sangat keras kepala da [...]

  • Natha

    Tidak bisa dibilang suka, tapi tidak bisa dibilang tidak suka.Mendapat referensi karya dari penulis ini untuk dibaca, akhirnya memutuskan membaca salah satu bukunya yang baru terbit bulan ini. Alih-alih suka, aku justru merasa gamang. Mungkin karena tokoh-tokohnya yang cenderung berbudaya yang halus dan kemayu, jadi rasanya membosankan. Kisahnya memang mudah ketebak, tapi itu tidak menjadi masalah yang bikin ceritanya tak berkesan. Bisa dibilang aku suka dengan klimaksnya, karena si tokoh utama [...]

  • TogarSilaban

    Buku ini terasa sekali menggurui. Tokoh-tokoh utamanya semua menggurui secara berlebihan, jadinya terasa hambar. Dialog yang dituliskan menjadi kering. Ratih menggurui, Dody menggurui, Bu Marta menggurui.Setting ceritanya kurang lengkap, terkesan asal-asalan. Ini memang novel, jadi terserah pengarangnya, mau seperti apa settingnya. Tapi perlu agak realistislah sedikit. Faktor kebetulan dan tidak masuk akalnya juga agak berlebihan. Remaja desa kalau baca novel ini akan berbondong-bondong ke Jakar [...]

  • Yessy Christy

    Sebenarnya inti ceritanya bagus, ada selipan hal-hal positif dan juga pengetahuan umumTapi, agak sedikit berlebihan, bertele-tele, mengguruinya juga terlalu kentara heheheMana tulisannya juga kecil-kecil, jadinya perlu waktu sedikit lama.Udah gitu, endingnya begitu Uggggh~ bikin pengen teriak sendiri -> udah bela-belain baca ampe abis, eeeeh endingnya cuman begitu. HuhuPadahal sebenarnya bisa lebih bagus novel ini Kalau lebih dieksplor lagi huhu

  • Tiara D. A. Purnomo

    Setelah semua kepahitan yang dialami Ratih, aku berharap dia bakal dapet akhir yang bahagiaWell, bagiku, endingnya sama sekali nggak bahagia. Soalnya nggak sebanding dengan penderitaan Ratih. 2,5 bintang buat buku ini. Aku bulatin jadi 3. Nilai plus buat covernya.

  • Anissa

    saya fikir seting dr novel ini tahun 80-an, jika dilihat dr gaya bahasa, jalan cerita, dll tp ternyata jaman sekarang terlalu aneh jalan ceritanya untuk tahun sekarang, dimana ada sosmed dimana2, hp sdh jd barang biasa (untuk apa pasang telepon rumah jika sdh ada hp yg mudah didapat), dll

  • Melinda

    Ratih adalah wanita yang tangguh, kuat dalam segala hal hidup termasuk cinta.Namun akhirnya cinta sejati menghianatinya tp keputusan yg dibuat ratih adalah yang tepat :)

  • Feby Sutiadji

    datar. Mustinya lebih diceritain lagi gimana penyesalan si laki2, seharusnya lebih ngebahas kelebihan tokoh utama dibanding tokoh wanita lainnya.

  • Nia

    belum beli bukunya